1

ALL HAIL ANGGY

Posted by Santosa-is-me on 4:05 PM in
Siapa sih Anggy Umbara? Kagak tau?
Tampangnya rada cucok ya bo...
Tapi paling nggak kenal dengan filmnya kemarenkan yang lumayan sukses besar Comic 8? Comic 8 sendiri bagi gue adalah salah satu pencapaian menarik buat film bergenre comedy di Indonesia. Karena film ini sukses mengangkat kelucuan yang mampu bikin gue ketawa di sebagian besar film.

Nggak banyak film comedy Indonesia yang sukses benar-benar mencuri hati gue. Get Merried dari 1 sampe ke entah berapa, nggak satupun yang gue suka. Begitupun produksi-produksi Kawin Kontrak, film-film Raditya Dika, sampe film-film yang dari premisnya aja sebenarnya udah aneh namun nggak mampu bikin orang ketawa nontoninnya. Terakhir film comedy yang gue ingat membekas di kepala gue adalah Punk in Love. Selebihnya, gue nggak ingat ada yang mampu bikin gue ketawa, atau minimal kepengen nontonnya di bioskop.

Yah, yang namanya film komedi sudah jelas adalah film yang mampu bikin orang ketawa, bahkan sampe ngakak. Hanya saja mungkin selera humor seseorang itu beda-beda. Selera humor orang Indonesia dan Amerika jelas beda. Makanya tak jarang film bergenre komedi di paman sam sana, di Indonesia malah bikin bingung, lucunya dimana?

Gue sendiri bukan penikmat komedi slapstik. Gue cenderung orang yang menikmati komedi yang terselip dalam dialog-dialog yang kocak. Makanya dari dulu gue demen banget sama serial Friends (dan gue paling demen sama Chandler Bing). Tapi selera gue nyatanya nggak melulu sama dengan temen gue. Menurut gue film macam Yes Man, Get Smart atau (500) Days of Summer itu lucu sementara temen-temen gue nggak.
Gue suka bukan karena merasa senasib...
Balik ke Anggy Umbara, dia termasuk salah seorang sineas muda yang cukup potensial di ranah perfilman Indonesia. Latar belakangnya sebenarnya musik (dia personil Purgatory, anak metal pasti pada tahu) dan juga sempat menggarap beberapa video clip. Dengan modal seperti itu, lantas bung Anggy terjun bebas ke dunia film Indonesia yang gue sendiri bingung nyebutnya gimana, menggeliat tapi juga sekarat.

Jam terbangnya belum banyak. Dia baru menelurkan (emangnya ayam?) praktis baru tiga film. Tiga film itu, Mama Cake, Coboy Jr: The Movia dan Comic 8. Gue baru kesampaian nonton dua diantaranya. Namun itu cukup buat gue mengambil kesimpulan bahwa om Anggy ini punya potensi besar di film Indonesia. Salah satu yang gue suka adalah daya eksploratifnya baik dari sisi cerita maupun sinematografinya. Beberapa kayaknya agak berlebihan dan nggak sempurna, namun setidaknya lumayan membuktikan bahwa penonton Indonesia nggak anti terhadap terobosan baru.

so, All hail Anggy Umbara. Semoga jadi salah satu angin segar buat industri perfilm-an tanah air. Cari duit sih boleh, tapi ya jangan gitu amat ya, sampe-sampe idealisme digadaikan. Maklum bisnis film ini bisnis yang kejam. Jangan gitu ya, jangan....

Btw, gue udah nonton Mama Cake dan Comic 8. And menurut gue kedua filmnya nggak jelek. Boleh dicari deh buat yang belom nonton. Dan kata temen-temen gue film Coboy Jr : The Movie juga lumayan. Yah, tapi Coboy Jr sih ya, mau gimana lagi....

Steven Spielberg juga nggak akan bisa apa-apa kalo ini mah....

1 Comments


Yup, Comic 8. Doi juga keren! :D

Salam kenal,
Ijal Fauzi

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.